Jumat, 03 Desember 2010

MANFAAT PEMEKARAN KABUPATEN MULAI DI RASAKAN OLEH MASYARAKAT DESA YANG ADA DI KABUPATEN MERANTI

*Tahun Anggaran 2011
Baran Melintang Usulkan 11 Item Proyek

SELATPANJANG – Pemerintah Desa Baran Melintang Kecamatan Merbau telah mengajukan 11 item proyek untuk Tahun Anggaran 2011. Pengajuan itu diangkat dari pelaksanaan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) yang telah digelar pada bulan Februari 2010 lalu.

Ketua Lembaga Ketahanan Masyarakat Desa (LKMD) Baran Melintang, Usman A, kepada Metro Riau, Jum’at (3/11) mengungkapkan, sebelas item proyek yang diusulkan untuk masuk APBD 2011 itu, dikelompokkan dalam lima Bidang usulan, antara lain terdiri dari Bidang Fisik dan Prasarana, Bidang Perhubungan, Bidang Pendidikan dan Olahraga, Bidang Kesehatan dan Keluarga Berencana, serta Bidang Pertanian dan Peternakan.

“Kegiatan Musrenbangdes itu dihadiri oleh 45 orang dari unsur perangkat Desa Baran Melintang, dibuktikan oleh pembuatan berita acara yang ditanda-tangani oleh Kepala Desa,” ujar Usman A.

Dirincinya, item proyek fisik dan prasarana yang diusulkan antara lain, Semenisasi jalan Pelabuhan Dusun 1 Desa Baran Melintang, Semenisasi jalan pelabuhan Dusun 3 Dakap Besar Desa Baran Melintang, Semenisasi jalan Pelabuhan Dusun 4 Pacul Desa Baran Melintang, Pembangunan Parit Beton (sekuler) di RT01 RW02 Dusun 1 Setia Mekar dan Semenisasi jalan proyek Karya Bhakti RT 02 RW03 Mekun Desa Baran Melintang.

“Dari Bidang Perhubungan, kami meminta pembangunan pelabuhan apung (ponton) di RT01 RW01 Desa Baran Melintang. Sedangkan Item Pembangunan Bidang Pendidikan dan Olahraga, antara lain, Pembangunan Rumah Dinas Guru (RDG) SDN 17, Pembangunan RDG SDN 36 dan Pembangunan MDA Nahdlatul Ula Dusun 4 Pacul. Pembangunan Rumah Dinas Guru itu sangat urgen, karena saat ini para guru masih menumpang dirumah masyarakat,” ungkap Usman A.

Usulan Bidang Kesehatan dan Keluarga Berencana, tambah Usman, pihaknya meminta rehab berat terhadap Puskesmas pembantu (Pustu) Desa Baran Melintang beserta pembuatan pagar betonnya. “Sementara dari Bidang Pertanian dan Peternakan, masyarakat desa mengaspirasikan pengadaan bibit kambing sebanyak 250 ekor,” kata Usman.

Disisi lain, salah seorang warga Dusun 2 Mekun Desa Baran Melintang, Izhar, kepada Metro Riau, Jum’at (3/11) mengatakan, usulan pembangunan pelabuhan apung (ponton) di RT01 RW01 Dusun 1 Desa Baran Melintang, dinilai belum layak untuk diprioritaskan. Karena, pelabuhan di wilayah dusun 1 itu tidak banyak dimanfaatkan oleh umumnya masyarakat desa.

“Seharusnya yang menjadi prioritas usulan Pemerintah Desa adalah peningkatan fisik pelabuhan di Dusun 2 Mekun Desa Baran Melintang. Karena kondisi pelabuhan di dusun itu sudah sangat memprihatinkan, oleh karena banyak kalangan masyarakat desa yang memanfaatkannya,” ujar Izhar. (reportase)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar